A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/k2191509/public_html/smantanjungsari/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/k2191509/public_html/smantanjungsari/index.php
Line: 315
Function: require_once

Jam mengajar Guru di Jabar | SMA Negeri Tanjungsari

Jam mengajar Guru di Jabar

Senin, 29 Januari 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 182 Kali

BANDUNG – Jumlah jam mengajar guru di Jawa Barat ditetapkan  paling sedikit 37,5 jam dalam waktu sepekan. Kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi menuturkan aturan jam mengajar tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017, tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. 

Menurutnya, dalam rangka optimalisasi tugas guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMA, SMK, SLB Negeri dan Swasta di Jabar, maka jumlah jam mengajar guru harus sesuai dengan aturan. Ia menghimbau agar guru diberikan beban jam kerja lebih dari 24 jam tatap muka, dan paling banyak 40 jam tatap muka dalam satu minggu. Beban kerja tersebut merupakan bagian jam kerja dari jam kerja sebagai PNS yang secara keseluruhan paling sedikit 37,5  jam kerja dalam satu minggu. 

“Pak Gubernur menghimbau, agar jam kerja guru PNS sama dengan PNS lainnya. Masuk kerja  37,5 jam/minggu. Jadi efektifnya 7,5 jam/hari. Selama jam mengajar itulah, guru harus tetap ada di sekolah. Banyak hal yang bisa dilakukan di sekolah,” tegas Hadadi saat ditemui di ruangannya, Jalan Dr. Rajiman No. 6, Kota Bandung, Rabu (24/1/2018). 

Ia mengatakan, beban kerja guru diatur dalam dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 52 ayat (1) mengenai Beban kerja Guru. Dalam peraturan tersebut, beban kerja guru mencakup kegiatan pokok: a. merencanakan pembelajaran, b. melaksanakan pembelajaran, c. menilai hasil pembelajaran, d. membimbing dan melatih peserta didik, dan e. melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja Guru. 

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Paud Dini dan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Karyono. Aturan jam mengajar guru mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru pada Pasal 52, ayat (2) yang menyebutkan, bahwa beban kerja Guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b paling sedikit memenuhi 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam I (satu) minggu.

  “Jam mengajar guru di Jawa Barat masih sama, minimal 24 jam,” tandasnya. 

Pengumuman
  1. TULISAN TERKAIT